Kegiatan


Evaluasi Program Pencegahan Terorisme, BNPT Gelar Rakornas FKPT

Jakarta, FKPT Center - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), mulai tanggal 10 hingga 13 Desember 2018, menggelar Rapat Koordinasi Nasional Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme  (Rakornas FKPT). Kegiatan ini dimaksudkan sebagai upaya evaluasi atas pelaksanaan program Pelibatan Masyarakat dalam Pencegahan Terorisme.
 
"Rakornas kali ini dilaksanakan di Jakarta, diikuti oleh 206 orang pengurus dan staf sekretariat 32 FKPT se-Indonesia," kata Kepala Subdirektorat Pemberdayaan Masyarakat BNPT, Andi Intang Dulung.
 
Dikatakan oleh Andi Intang, ke-206 orang pengurus dan staf sekretariat FKPT dihadirkan terdiri dari Ketua, Sekretaris, Bendahara, Ketua Bidang Penelitian, dan 2 orang staf sekretariat di masing-masing kepengurusan. Mengenai keterlibatan Ketua Bidang Penelitian, diakuinya merupakan request dari Kepala BNPT, Komisaris Jenderal Polisi Suhardi Alius.
 
"Ini menyangkut hasil survey nasional tahun 2018 yang menemukan lemahnya pemahaman kearifan lokal oleh kalangan akademisi. Ada banyak hal yang akan disampaikan oleh Bapak Kepala,  khususnya kepada kelompok akademisi," jelas Andi Intang.
 
Rakornas 32 FKPT tahun anggaran 2018, masih kata Andi Intang, merupakan gelaran ketiga sejak pertama kali FKPT dibentuk pada tahun 2012. FKPT sendiri merupakan mitra strategis BNPT dalam pencegahan terorisme, yang keberadaannya hingga saat ini sudah ada di 32 provinsi se-Indonesia. "FKPT merupakan representasi masyarakat yang memiliki andil besar membantu BNPT melaksanakan pencegahan terorisme," tandasnya.
 
Rakornas 32 FKPT dibuka secara resmi oleh Sekretaris Utama BNPT,  Marsekal Muda TNI. Asep Adang Supriyadi, dengan rangkaian kegiatan berisikan evaluasi kegiatan pencegahan terorisme yang sudah terlaksana sepanjang tahun anggaran 2018. Selain Sekretaris Utama BNPT, beberapa pemateri lain yang turut dijadwalkan mengisi antara lain Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan, Deradikalisasi BNPT, Mayor Jenderal TNI Hendri Paruhuman Lubis, Inspektir BNPT, Amrizal, dan Direktur Pencegahan BNPT, Brigadir Jenderal Polisi Hamli.
 
"Rakornas ini akan ditutup oleh Kepala BNPT besok sore," pungkas Andi Intang. [shk/shk]