Kegiatan


FKPT Jambi Ajak Semua Pemuda Aktif Menangkal Tumbuhnya Radikalisme-Terorisme

FKPT Jambi Ajak Semua Pemuda Aktif Menangkal Tumbuhnya Radikalisme-Terorisme  
 
 
 
JAMBI-Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jambi menjadi pembicara dalam kegiatan Millenial Anti Hoax dan Anti Radikalisme Untuk Mewujudkan Pemilu 2019 yang Sejuk, Aman dan Damai.
 
Kegiatan ini diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) selama dua hari, 15-16 Maret 2019, di Hotel Duta, Kota Jambi.
 
Kepada 30 peserta yang hadir, Kabid Pemuda dan Pendidikan FKPT Provinsi Jambi, Said Pariq, dalam pemaparannya menyampaikan perihal perkembangan radikalisme-terorisme yang terjadi di Indonesia dan di dunia internasional saat ini. 
 
Termasuk perihal kejadian di Selandia Baru yang baru saja terjadi turut disampaikan ke peserta.
 
Dia juga mengajak para pemuda yang hadir tersebut untuk aktif bersama FKPT Jambi sebagai agen penangkal tumbuh kembangnya radikalisme-terorisme di tengah masyarakat. 
 
Sementara itu, Sekretaris Umum DPD IMM Provinsi Jambi, Nanda Pratama, menyampaikan, saat ini dengan mudahnya akses informasi memberikan ruang kepada siapapun untuk menyebarkan infromasi, termasuk berita hoax.
 
Dengan maraknya pengguna media sosial, banyak orang yang tidak bertanggung jawab menyebarkan berita negatif, ujaran kebencian pada kelompok tertentu, mengadu domba kerukunan antar umat beragama, serta menjelek-jelekkan kelompok yang lain.
 
"Hal ini harus menjadi perhatian serius, jangan sampai sosial media dijadikan alat saling serang antar organisasi, suku, ras dan agama, serta hal lain yang dilarang oleh undang-undang," ujar Nanda.
 
Dikatakannya lagi, tujuan dari kegiatan ini adalah agar peserta mampu mengidentifikasi dan mewaspadai berbagai berita hoax yang beredar di masyarakat. Selanjutnya, peserta mampu mengidentifikasi dan mewaspadai berbagai gerakan radikalisme yang tumbuh di masyarakat.
 
"Kemudian, menguatkan kapasitas pemuda untuk cerdas bermedia sosial, menangkal berita hoax dan lebih banyak mengunggah berita-berita kegiatan positif yang mampu mempererat persatuan anak bangsa dan kerukunan antar umat beragama," pungkasnya.
 
Hadir sebagai pembicara dalam kegiatan tersebut selain Said Pariq mewakili FKPT Jambi, juga hadir Kasubdit Keamanan Direktorat Intelkam Polda Jambi, AKBP Budi Daryanto, Siti Masnidar, jurnalis, Bahren Nurdin, Direktur Indonesia Mind Accademy, Mochammad Farisi, Ketua Komunitas Peduli Pemilu dan Demokrasi (KOPIPEDE) Provinsi Jambi, dan Sabriyanto, dari Diskominfo Provinsi Jambi.
 
 
 
Penulis: FKPT Jambi